Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

Ini Dia Jenis-Jenis USG yang Bumil Wajib Tahu

Description

Pada dasarnya, jenis USG pada pemeriksaan kandungan dibagi menjadi 2 yaitu USG transvaginal dan USG abdomen.

  • USG transvaginal adalah jenis USG yang dilakukan melalui vagina, biasanya dilakukan untuk memeriksa organ reproduksi sebelum maupun saat masa kehamilan. Selain itu, juga dapat dilakukan untuk melihat kondisi janin biasanya di awal kehamilan dan juga kondisi plasenta.
  • USG abdominal adalah jenis USG yang dilakukan pada permukaan kulit perut bumil untuk mendiagnosa kehamilan, menentukan jenis kelamin janin, dan juga melihat posisi janin saat memasuki usia persalinan.

USG abdominal pun dapat dibagi menjadi 3 jenis seperti USG 2 dimensi, 3 dimensi, dan 4 dimensi.

Apa saja bedanya dok? USG 2 dimensi biasanya hanya menghasilkan hasil USG 2 dimensi dengan warna hitam dan putih pada layar. Sedangkan pada USG 3 dimensi akan terlihat lebih baik sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih akurat dan juga memperlihatkan bentuk wajah yang hampir nyata. Sedangkan pada USG 4 dimensi, hasilnya akan semakin detail sehingga dokter spesialis obsgyn dapat lebih akurat lagi melihat perkembangan janin dan mengidentifikasi sedari dini apabila adanya kelainan pada janin.

Ditinjau oleh dr. Bayu Winarno, Sp.OG (Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong)

Referensi :
halodoc.com. Diakses pada 2023. USG 2D, 3D dan 4D, Apa Bedanya?

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.