Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

Kenali 3 Perbedaan Antara Asma dan Pneumonia Sebelum Terlambat

Description

Walaupun Asma dan Pneumonia adalah penyakit yang sama-sama menyerang organ paru, namun keduanya memiliki perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan. Ini Dia 3 Perbedaan Asma dan Pneumonia :

  1. Asma adalah penyakit yang disebabkan oleh penyempitan dan juga peradangan periodic pada saluran nafas. Sedangkan pneumonia adalah keadaan dimana adanya infeksi pada organ paru sehingga menyebabkan peradangan pada kantung udara.
  2. Gejala pada keduanya memang mirip, namun pada asma memiliki gejala yang cukup khas yaitu mengi atau bunyi saat bernafas sementara pada pneumonia tidak ditemuka gejala tersebut.
  3. Asma disebabkan oleh faktor lingkungan, turunan/genetik, riwayat infeksi pernafasan, atau terpapar allergen. Sementara pneumonia disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, mikroplasma, jamur, ataupun bahan kimia. Maka dari itu pneumonia masih dapat dicegah salah satunya dengan mendapatkan vaksinasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine); salah satu jenis vaksin untuk mencegah infeksi bakteri pneumokokus.

Jangan lupa untuk mendapatkan vaksinasi PCV sebagai salah satu langkah mencegah Pneumonia ya teman sehat.

Ditinjau oleh dr. Cindy Anwar (Dokter Umum Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong)

Referensi :
kompas.com. Diakses pada 2023. Punya gejala yang mirip; berikut beda asma dan pneumonia

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.