Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

4 Langkah Cegah Osteoporosis Sedini Mungkin

Description

Teman sehat, apakah kamu tahu bahwa osteoporosis adalah masalah serius yang dapat mengancam kualitas hidup kita, terutama saat memasuki usia lebih matang? Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang kita menjadi rapuh dan mudah patah. Namun, berita baiknya adalah kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya. Mari simak 4 langkah sederhana untuk menjaga kesehatan tulang kita agar terhindar dari osteoporosis.

Berikut ini 4 langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah osteoporosis dini :

1. Pastikan asupan kalsium Harian Mu Terpenuhi

  • Kalsium adalah bahan bangunan tulang, seperti fondasi dalam tubuh kita. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, seperti susu dan keju. Kebutuhan kalsium dalam sehari berbeda-beda pada setiap umur. Teman sehat dapat mengikuti anjuran yang diberikan dari Kementrian Kesehatan, seperti pada orang dewasa umur 19-49 tahun, membutuhkan kalsium 1000 mg/hari. Pada contohnya, apabila mengkonsumsi satu gelas susu sapi, kalsium yang bisa didapatkan sekitar 275-300 mg.
  • Jangan lupa bahwa vitamin D juga sangat penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium, jadi jangan ragu untuk berjemur di bawah sinar matahari sebentar setiap hari. Jam yang tepat untuk berjemur adalah antara pukul 10 pagi hingga 12 siang, dengan durasi selama 10 menit. Sebab pada periode tersebut, paparan sinar UVB, yang dibutuhkan oleh kulit untuk memproduksi vitamin D, mencapai tingkat tertinggi, namu disaat bersamaan, risiko kerusakan kulit akibat sinar UVB juga meningkat.

2. Berolahraga Secara Rutin : Aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau bersepeda membantu memperkuat tulang kita. Berolahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
3. Jaga Berat Badan yang Sehat : Berat badan rendah dapat menjadi faktor risiko utama yang menyebabkan penurunan kepadatan dan pengeroposan tulang, terutama pada wanita yang telah mengalami menopause.
4. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol : Merokok dan alkohol dapat melemahkan tulang kita. Hindari atau hentikan kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan tulang kita.

Jika kita mengabaikan kesehatan tulang, kita bisa berisiko mengalami osteoporosis. Tulang yang rapuh dapat meningkatkan risiko patah tulang yang serius, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Teman sehat, tidak ada kata terlambat untuk memulai perubahan menuju hidup yang lebih sehat dan melindungi kesehatan tulang kita. Pastikan untuk memeriksakan diri pada profesional kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut dan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan tulang kita. Kesehatan tulang adalah aset berharga, dan kita semua bisa menjaganya sedini mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kesehatan tulang teman sehat sekalian.

Healthpedia Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong
Ditinjau secara medis oleh dr. Ray Hendry, Sp.OT - Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.