Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

Jangan Lengah, Ini Yang Terjadi Jika Kamu Mengalami Osteoporosis!

Description

Apa yang Terjadi Ketika Kita Mengalami Osteoporosis?
Mungkin pernah teman sehat CSS melihat orang tua yang semakin pendek dan berjalan dengan tubuh yang bungkuk? Ternyata, hal tersebut bisa saja terjadi karena mereka mengalami osteoporosis.

Osteoporosis dan Efeknya
Osteoporosis adalah kondisi yang kerap ditemui pada pasien usia tua. Mereka bisa mengalami compression fracture atau seperti "penyet" sehingga tubuh mereka menjadi lebih pendek seiring berjalannya waktu. Dalam beberapa kasus yang parah, patah tulang bisa mengakibatkan saraf terjepit, yang tentu saja akan sangat mengganggu.

Mengapa Osteoporosis Disebut ‘Silent Disease’?
Osteoporosis sering disebut sebagai "Silent Disease" dan ini sebenarnya bisa membingungkan. Tapi mengapa dikatakan demikian? Sebab osteoporosis pada umumnya tidak menunjukkan gejala hingga timbulnya patah tulang.

Bahaya Terbesar: Patah Tulang
Jika harus disebutkan satu bahaya terbesar dari osteoporosis, maka itu adalah patah tulang. Ada empat jenis patah tulang yang sering terjadi pada pasien osteoporosis:

  • Patah Tulang Pergelangan Tangan (Sering Terjadi di Usia 50-60 Tahun)
  • Patah Tulang Pangkal Lengan Atas (Sering Terjadi pada Usia Lebih dari 65 Tahun)
  • Patah Tulang Punggung (Sering Terjadi pada Usia 60-70 Tahun)
  • Patah Tulang Panggul/Pangkal Paha (Sering Terjadi pada Usia Lebih dari 70 Tahun)

Teman sehat CSS, inilah sebabnya kita perlu selalu menjaga kesehatan tulang dan sendi kita. Sebaiknya periksakan kesehatan tulang Anda, khususnya jika Anda seorang wanita berusia di atas 50 tahun dan sudah mengalami masa pasca menopause.

Jadi, mari kita ingat bahwa osteoporosis adalah penyakit yang bisa "diam-diam" merusak tulang kita. Tetapi dengan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan tulang kita dengan baik. Dengan memeriksakan diri secara berkala, kita dapat mendeteksi osteoporosis sejak dini dan mengambil tindakan yang tepat. Ingatlah, kesehatan tulang kita sangat penting, terutama saat kita memasuki usia lanjut.

Healthpedia Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong
Ditinjau secara medis oleh dr. Erich Svante Subagio, MPH, Sp,OT - Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.